Senin, 02 Mei 2016

Sewa Motor Jogja, Akses Lebih Mudah Ke Taman Sari



Berjalan ke rental motor Jogja untuk menyusuri kota, jangan lupa mampir ke Taman Sari. Mengapa? Karena tempat ini menawarkan sejuta keindahan suasana kuno dengan lorong-lorongnya yang penuh dengan rahasia.

Awal berdirinya Istana ini di mulai dari Perjanjian Giyanti dimana Pangeran Mangkubumi mendirikan keraton untuk pusat kegiatan pemerintahan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Pangeran inilah yang terkenal dengan Sultan hamengkubuwono I yang mendirikan keraton di tengan bentangan Gunung Merapi dan Pantai Parangtritis. Saat itu, yang menjadi acuan pembangunan keraton ini adalah sumber air. Hal ini dilakukan untuk menghormati istri-istri Sultan yang membantu di masa peperangan. Saat itu, Sultan memberikan mandat kepada seorang arsiek bernama Demak Tegis yang juga seorang Bupati Madiun untuk menjadi mandor dalam pembangunan istana umbul tersebut. Istana ini terletak 500 meter dari keraton  dengan dihiasi oleh danau buatan dan bunga-bunga yang tertanam disekitarnya. Tempat inilah yang kemudian disebut sebagai Taman Sari.
Pada saat memasuki Gapura Taman Sari, anda akan melihat tempat dimana Sultan biasanya menyaksikan tarian dan para penabuh beratraksi. Kolam pemandian ini hanya boleh dimasuki oleh para anggota Keraton. disana anda akan dihipnotis dengan gemercik air denagn tembok-tembok kuno yang mengelilinginya. Sementara itu, kolam pemandian dibagi menjadi tiga bagian. Yang pertama adalah Umbul Kawitan, sebagai tempat khusus untuk putri raja. Lalu ada Umbul Pamuncar yang dikhususkan untuk para selir dan kemudian Umbul Panguras yang dikhususkan untuk raja.
Disamping itu, anda juga bisa melihat periuk, tempat dimana istri-istri Sultan bercermin. Memasuki area Istana Umbul ini membuat anda terbawa ke masa lalu, dimana anda melihat seorang wanita sedang memperbaiki sanggulnya  bermain-main di sekitar kolam.

Anda juga bisa menikmati pemandangan dari atas. Bila anda telah selesai, anda akan dibius dengan Gapura Agung. Tempat ini juga merupakan area dimana Sultan Agug datang dengan kereta kencana dan area dimana Sultan menyimpan senjata. Anda akan menemukan baju perang, keris dan peralatan lain yang digunakan untuk menjaga kedaulatan keraton.

Tempat lain yang bisa anda kunjungi adalah Gedung kenongo dan Sumur Gumuling. Namun, untuk menuju area ini, anda harus menuju lorong yang menghubungkan Taman Sari dan Pulo Kenongo. Di sini, anda akan melihat ruang bawah tanah yang digunakan saat keraton sedang genting.


Wisata sejarah di Jogja ini memang sangat berarti untuk mengenang kehebatan Yogyakarta sebagai daerah yang pernah jaya. Sangat mudah untuk menjangkau area Istana Umbul ini. Akses menuju lokasi sangat mudah, anda bisa ke tempat sewa motor Jogja agar lebih mudah menemukan lokasi. Disamping itu, selepas mengunjungi area ini, anda bisa pergi berkeliling ke lokasi lain seperti Malioboro atau je daerah lain. Berkunjung ke Jogja sangat disarankan untuk ke sewa motor Jogja agar anda lebih fleksibel dalam melakukan perjalanan wisata. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar