Selasa, 28 Juni 2016

Tamasya Ke Candi Kedulan Dengan Sewa Motor


Candi kedulan merupakan salah satu candi yang masih baru ditemukan di jogja. Candi ini mungkin belum sepopuler candi yang ada di jogja. Namun bagi kamu yang ingin berwisata alam yang tidak biasa, bisa mencoba mengunjungi candi ini. lokasinya yang agak tersembunyi di pinggir kabupaten sleman, mengharuskan kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi untuk sewa motor. Untuk menuju kesana jangan khawatir, ada Rental motor jogja yang terpercaya untuk kami rekomendasikan.
Piknik di area candi kedulan jogja
Area candi ini masih sangat asri. Karena berada dekat persawahan. Kamu bisa piknik atau sekedar outing untuk menuju candi ini. candi ini ditemukan tahun 1993 dalam kondisi runtuh dan tertimbun pasir. Candi ini diperkirakan tertutup material dari letusan gunung merapi. Dari hasil pengerukan untuk penggalian candi ini ditemukan 13 lapisan lahar yang telah mengubur candi yang satu ini. bagian dasar candi saja berada dalam kedalam sekitar tujuh meter. Hingga tahun 2010 pemuaran candi ini belum selesai. Beberapa candi pendamping malah belum digali sempurna karena berada pada area tanah milik warga.
Upaya penelitian dan pemugaran candi ini telah menemukan adanya prasasti pananggaran dan sumudul di area candi ini. kedua buah prasaasti ini ditulis adlam aksara palawa dengan bahasa sansekerta yang menjelaskan mengenai pembebasan pajak tanah desa panaggaran dan parahyangan untuk membuat bendungan dan irigasi serta pembuatan bangunan suci yang disebut dengan tiwaharyyan saat kerajaan mataram kuno. Bangunan suci itu sendiri diperkirakan merupakan candi ini sendiri. Candi ini diperkirakan sebagai candi hindu karena adanya yoni pada area candi san karakternya yang memiliki dua hingga tiga halaman bertingkat. Pada bagian sisi selatan ditemukan pagar halaman satu sedang halaman dua dan tiga masih diselidiki.
Candi ini berada tak jauh dari area candi prambanan. Secara arsitektural sangat mirip dengan candi sambisari. Namun melihat sisi hiasanya sangat mirip dengan candi ijo dan candi barong. Jika candi sambisari menghadap ke barat makan candi yang satu ini menghadap ke timur. Candi sambisari memiliki pipi tangga dan candi utama, sedangkan pada candi ini memiliki pipi tangga dan candi perwara atau pendampingnya. Candi ini memiliki relief kalla yang unik, karena tidak memiliki raang bawah layaknya candi yang ada di jawa timur. Hal ini diperkirakan bahwa relief kalla ini dibangun pada masa hindu jawa tengah yang kemudian bergeser ke jawa timur sekitar abad ke 8-10 masehi.
Rute perjalanan ke candi kedulan
candi kedulan tepatnya berada di daerah dekat candi sambisari. Untuk masuk ke candi ini kamu tidak dipungut biaya. Karena candi ini belum sepenuhnya ditemukan secara utuh. Nah untuk mengunjungi candi ini ada baiknya kamu sewa motor jogja. Karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota. Rute menuju candi ini dari pusat kota silhakan ke jalan jogja solo, kemudian setelah sampai ke pertigaan bengel Suzuki yang dekat dengan candi kalasan, dari pertigaan belok kiti (arah utara) dan ikuti jalannya. Perjalanan sekitar 10 menit kemudian ada perempatan. Selanjutnya belok kiri (arah barat) jalan beberapa meter di sisi kanan jalan ada bangunan yang isinya pompa air. Dari sana silahkan jalan lagi sekitar 10 meter ke selatan, nah kamu akan menemui lembah dengan onggokan batu batu, itulah candi yang akan kamu datangi.
Sewa motor jogja ke candi kedulan
Rute menuju candi kedulan yang masuk ke pinggiran kabupaten sleman, menghendaki kamu yang tidak membawa kendaraan pribadi untuk menggunakan jasa rental motor jogja. Rekomendasi untuk rental motor yang terpercaya dan menyediakan banyak motor ada disini nih wickedpalate.com nah kamu bisa melihat informasi mengenai rental motor dengan lengkap. Dengan cara seperti ini kamu bisa merencanakan liburan kamu menjadi lebih seru di jogja.
 candi kedulan merupakan candi hindu dikalasan sleman yang belum selesai di pugar. Candi ini cukup asyik untuk piknik. Untuk ke sini bisa menggunakan jasa sewa motor jika tidak memiliki kendaraan pribadi.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar