Minggu, 29 Januari 2017

Romantisme Timbul dan Tenggelamnya Pulau Segajah, Bontang


Pesona Kalimantan Timur seolah tidak ada habisnya jika kita ingin mengeksplorasi lebih jauh. Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi di provinsi ini adalah Pulau Segajah. Pulau Segajah merupakan pulau kecil, atau lebih tepatnya gundukan pasir putih yang terdapat di tengah laut. Di sekeliling pulau ini banyak terdapat terumbu karang dimana merupakan habitat biota laut. Oleh karenanya, wisatawan banyak yang ingin melakukan snorkling untuk menikmati keindahannya.

Eksotisme Pasir Putih Pulau Segajah

Terletak di Kecamatan Bontang Utara, Kalimantan Timur, Anda bisa berkendara dari kota Balikpapan sejauh 250km atau sekitar 7 jam perjalanan. Untuk rutenya, dari kota Balikpapan, jika Anda turun di Bandara Sepinggan, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke kota Bontang menggunakan mobil sewaan atau angkutan umum, biasanya bus. Selanjutnya, Anda tinggal menyewa perahu menuju Pulau Segajah yang memakan waktu 20 menit perjalanan dari dermaga. Sebaiknya perjalanan dengan rombongan supaya sewa kapal lebih murah. Ada banyak hal yang bisa Anda nikmati di Pulau Segajah ini, diantaranya:
1.       Pulau pasir putih
Pulau Segajah pada dasarnya adalah gundukan pasir yang sangat terpengaruh pasang surut air laut. Pulau ini akan timbul di siang hari saat surut, dan tenggelam di malam hari ketika pasang. Oleh karenanya, sangat disarankan jika Anda ingin berkunjung kesini di siang hari. Pulau ini tidak berpenduduk karena kondisinya tersebut. Namun Anda bisa bermain bak anak pantai, menghitamkan kulit, dan juga berenang ditepian pantai yang dangkal.
2.    Snorkling
Mengingat Pulau Segajah dikelilingi terumbu karang, Anda juga bisa melakukan snorkling di pinggiran pantai yang banyak terumbu karangnya. Anda akan menemukan aneka biota laut seperti bintang laut, ikan badut (clown fish/Nemo), dan juga bulu babi. Hati-hati dengan bulu babi karena durinya yang bisa menusuk. Lautan di sekitar Pulau Segajah ini lumayan dangkal, sehingga eksplorasi Anda dengan snorkling bisa dilakukan lumayan jauh agak ke tengah laut, namun tetap hati-hati. Pulau Segajah ini timbul menjelang siang, dan mulai terbenam saat sore hari menjelang petang. Sebaiknya, perkirakan waktu kembali Anda ke dermaga sebelum petang tiba.
3.    Fotografi bawah laut
Bagi Anda penggemar fotografi bawah laut, Pulau Segajah adalah surga bagi Anda. Di sekitar pulau itu terdapat terumbu karang dengan aneka hewan laut berbagai warna. Biasanya pada saat menyewa perahu, Anda juga akan menemukan tempat persewaan pelampung dan alat snorkling.
4.    Tidak ada penginapan
Harap diketahui, bila Anda ingin menikmati bawah laut Pulau Segajah agak lama, Anda harus kembali ke dermaga dan mencari penginapan di sekitar kota Bontang, atau di pinggir pantai. Anda bisa bertanya pada pemandu wisata atau warga sekitar soal penginapan ini. Mengingat Pulau Segajah adalah gundukan pasir yang timbul dan tenggelam, tidak ada rumah penduduk disana. Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pulau tersebut keesokan harinya.
Itulah sedikit yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke Pulau Segajah. Jika Anda sampai di Balikpapan, menggunakan kendaraan mobil sewaan tentu lebih nyaman. Mendapatkan mobil sewa di Balikpapans bisa dilakukan melalui situs persewaan mobil, docar.co.id. Anda bisa mendapatkan dengan harga terjangkau, Rp 300.000 – Rp 400.000 untuk 24jam pemakaian. Sangat murah bukan? Disamping itu, Anda perlu merencanakan perjalanan mengingat kecamatan Bontang Utara adalah satu-satunya tempat menginap terdekat bila Anda ingin ke Pulau Segajah. Selamat berlibur.

Berkunjung ke Pulau Segajah sebaiknya siang hari saat laut surut. Menuju Pulau Segajah bisa dengan menyewa mobil di situs docar.co.id. Dari Balikpapan, tinggal menuju ke kecamatan Bontang Utara.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar